JAMAK DALAM SAFAR
Selain
qashar, seorang musafir juga diperbolehkan menggabungkan dua waktu shalat dalam
satu waktu, yakni menjamak shalat. Ibnu Abbas Radiyallahu ‘Anhuma, berkata :
كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ صَلاَةِ
الظُّهْرِ وَالعَصْرِ إِذَا كَانَ عَلَى ظَهْرِ سَيْرٍ وَيَجْمَعُ بَيْنَ
الْمَغْرِبِ وَاْلعِشَاءِ
"Nabi
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah menggabungkan (menjamak) shalat zhuhur dan
shalat ashar bila sedang dalam perjalanan, juga menggabungkan shalat maghrib
dan shalat isya’." (HR. Bukhari dan Muslim)
Di
dalam hadits yang lain disebutkan, Abdullah bin Radiyallahu ‘Anhuma, berkata:
رَأَيْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ
فِي السَّفَرِ يُؤَخِّرُ صَلَاةَ الْمَغْرِبِ حَتَّى يَجْمَعَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ
الْعِشَاءِ قَالَ سَالِمٌ وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا يَفْعَلُهُ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ وَيُقِيمُ الْمَغْرِبَ
فَيُصَلِّيهَا ثَلَاثًا ثُمَّ يُسَلِّمُ ثُمَّ قَلَّمَا يَلْبَثُ حَتَّى يُقِيمَ
الْعِشَاءَ فَيُصَلِّيهَا رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يُسَلِّمُ وَلَا يُسَبِّحُ
بَيْنَهُمَا بِرَكْعَةٍ وَلَا بَعْدَ الْعِشَاءِ بِسَجْدَةٍ حَتَّى يَقُومَ مِنْ
جَوْفِ اللَّيْلِ
“Aku
melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jila perjalanan mendesak
dilakukan, beliau menangguhkan shalat maghrib dan menggabungkannya dengan
shalat isya’. Beliau melaksanakan shalat maghrib sebanyak tiga rakaat lalu
salam, kemudian berdiam sejenak, lalu melaksanakan shalat isya’ sebanyak dua
rakaat.
Beliau
tidak menyelingi di antara keduanya dengan shalat sunah satu rakaatpun dan juga
tidak setelahnya, hingga beliau bangun ditengah malam (untuk shalat malam).”
(HR. Bukhari dan Muslim)
Mu'adz
bin Jabal Radiyallahu ‘Anhu, juga meriwayatkan hadits serupa, ia berkata:
كَانَ
فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ إِذَا زَاغَتْ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ جَمَعَ
بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَإِنْ يَرْتَحِلْ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ
أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَنْزِلَ لِلْعَصْرِ وَفِي الْمَغْرِبِ مِثْلُ ذَلِكَ
إِنْ غَابَتْ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ جَمَعَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ
وَالْعِشَاءِ وَإِنْ يَرْتَحِلْ قَبْلَ أَنْ تَغِيبَ الشَّمْسُ أَخَّرَ
الْمَغْرِبَ حَتَّى يَنْزِلَ لِلْعِشَاءِ ثُمَّ جَمَعَ بَيْنَهُمَا
“Pada
saat perang Tabuk, ketika matahari telah tergelincir sebelum berangkat, maka
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjamak antara shalat zhuhur dan ashar. Dan
jika beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, maka beliau mengundurkan
shalat zhuhur hingga beliau singgah untuk shalat ashar.
Demikian
pula ketika shalat maghrib, apabila matahari telah terbenam sebelum berangkat,
maka beliau menjamak antara maghrib dan isya’, dan jika berangkat sebelum
matahari terbenam, beliau mengakhirkan shalat maghrib hingga beliau singgah pada
waktu isya’, kemudian beliau menjamak keduanya.” (HR. Abu Dawud)
Hadits-hadits
di atas menegaskan bahwa di antara bentuk kemudahan yang Allah berikan kepada
hamba-hamba-Nya dan dihilangkannya kesulitan dari diri mereka adalah dengan
mensyariatkan jamak dalam safar.
Sebab,
pada umumnya orang yang melakukan perjalanan (musafir) mengalamai kesulitan
untuk singgah pada waktu shalat. Sehingga, seorang musafir diperbolehkan
menjamak (menggabungkan) shalat zhuhur dan ashar pada salah satu waktunya,
begitu pula halnya dengan shalat maghrib dan isya’.
Pelajaran yang bisa kita ambil dari pemaparan di atas adalah :
- Disyariatkan menjamak antara zhuhur dan ashar, antara maghrib dan isya’ ketika sedang safar.
- Boleh
melakukan jamak takdim atau jamak takhir sesuai keadaan yang paling mudah bagi musafir.
- Tidak
disyariatkan melakukan shalat sunah di antara dua shalat yang dijamak.
***
(Dikutip
dari Tj. Kitab Durusul Yaumiyah karya Dr. Rasyid Al Abdul Karim Hafidzahullah
Ta'ala Hal. 306)
Posting Komentar untuk "JAMAK DALAM SAFAR"