Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAMAK DALAM SAFAR

 


Selain qashar, seorang musafir juga diperbolehkan menggabungkan dua waktu shalat dalam satu waktu, yakni menjamak shalat. Ibnu Abbas Radiyallahu ‘Anhuma, berkata :

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ صَلاَةِ الظُّهْرِ وَالعَصْرِ إِذَا كَانَ عَلَى ظَهْرِ سَيْرٍ وَيَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَاْلعِشَاءِ

"Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah menggabungkan (menjamak) shalat zhuhur dan shalat ashar bila sedang dalam perjalanan, juga menggabungkan shalat maghrib dan shalat isya’." (HR. Bukhari dan Muslim)

Di dalam hadits yang lain disebutkan, Abdullah bin Radiyallahu ‘Anhuma, berkata:

رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ فِي السَّفَرِ يُؤَخِّرُ صَلَاةَ الْمَغْرِبِ حَتَّى يَجْمَعَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْعِشَاءِ قَالَ سَالِمٌ وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَفْعَلُهُ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ وَيُقِيمُ الْمَغْرِبَ فَيُصَلِّيهَا ثَلَاثًا ثُمَّ يُسَلِّمُ ثُمَّ قَلَّمَا يَلْبَثُ حَتَّى يُقِيمَ الْعِشَاءَ فَيُصَلِّيهَا رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يُسَلِّمُ وَلَا يُسَبِّحُ بَيْنَهُمَا بِرَكْعَةٍ وَلَا بَعْدَ الْعِشَاءِ بِسَجْدَةٍ حَتَّى يَقُومَ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ

“Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jila perjalanan mendesak dilakukan, beliau menangguhkan shalat maghrib dan menggabungkannya dengan shalat isya’. Beliau melaksanakan shalat maghrib sebanyak tiga rakaat lalu salam, kemudian berdiam sejenak, lalu melaksanakan shalat isya’ sebanyak dua rakaat.

Beliau tidak menyelingi di antara keduanya dengan shalat sunah satu rakaatpun dan juga tidak setelahnya, hingga beliau bangun ditengah malam (untuk shalat malam).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mu'adz bin Jabal Radiyallahu ‘Anhu, juga meriwayatkan hadits serupa, ia berkata:

كَانَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ إِذَا زَاغَتْ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَإِنْ يَرْتَحِلْ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَنْزِلَ لِلْعَصْرِ وَفِي الْمَغْرِبِ مِثْلُ ذَلِكَ إِنْ غَابَتْ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ جَمَعَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَإِنْ يَرْتَحِلْ قَبْلَ أَنْ تَغِيبَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يَنْزِلَ لِلْعِشَاءِ ثُمَّ جَمَعَ بَيْنَهُمَا

“Pada saat perang Tabuk, ketika matahari telah tergelincir sebelum berangkat, maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjamak antara shalat zhuhur dan ashar. Dan jika beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, maka beliau mengundurkan shalat zhuhur hingga beliau singgah untuk shalat ashar.

Demikian pula ketika shalat maghrib, apabila matahari telah terbenam sebelum berangkat, maka beliau menjamak antara maghrib dan isya’, dan jika berangkat sebelum matahari terbenam, beliau mengakhirkan shalat maghrib hingga beliau singgah pada waktu isya’, kemudian beliau menjamak keduanya.” (HR. Abu Dawud)

Hadits-hadits di atas menegaskan bahwa di antara bentuk kemudahan yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya dan dihilangkannya kesulitan dari diri mereka adalah dengan mensyariatkan jamak dalam safar.

Sebab, pada umumnya orang yang melakukan perjalanan (musafir) mengalamai kesulitan untuk singgah pada waktu shalat. Sehingga, seorang musafir diperbolehkan menjamak (menggabungkan) shalat zhuhur dan ashar pada salah satu waktunya, begitu pula halnya dengan shalat maghrib dan isya’.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari pemaparan di atas adalah :

  1. Disyariatkan menjamak antara zhuhur dan ashar, antara maghrib dan isya’ ketika sedang safar.
  2. Boleh melakukan jamak takdim atau jamak takhir sesuai keadaan yang paling mudah bagi musafir.
  3. Tidak disyariatkan melakukan shalat sunah di antara dua shalat yang dijamak.

***

(Dikutip dari Tj. Kitab Durusul Yaumiyah karya Dr. Rasyid Al Abdul Karim Hafidzahullah Ta'ala Hal. 306)

Posting Komentar untuk "JAMAK DALAM SAFAR"